Cara cek mobil matic bekas dengan mudah

Salah satu alasan untuk mendapatkan mobil matic bekas adalah harganya yang lebih murah dibandingkan beli baru. Namun, mencari mobil bekas yang masih berkualitas prima cukup sulit kalau tidak diteliti dengan baik. Tetapi kamu tak perlu khawatir, karena artikel ini akan membahas bagaimana cara mengecek mobil matic bekas dengan mudah.

1. Cek kondisi oli

Cek kondisi oli bisa dilakukan dengan menyalakan mesin mobil lalu tunggu mesin mencapai suhu kerjanya. Jika sudah, kamu dapat melihat ketinggian dan warna oli tersebut. Apabila tutup oli tidak basah dan warnanya menghitam atau berubah menjadi putih kemerahan, maka artinya oli sudah lama tidak diganti, karena oli yang bagus akan berwarna merah transparan.

2. Pemeriksaan kebocoran

Tahap selanjutnya adalah periksa body luar transmisi dari kemungkinan adanya kebocoran. Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengecek pada bagian kolong mobil atau ruang mesin. Apakah ada cairan atau pelumas yang bocor di bagian tersebut atau tidak. Jika terlihat bocor atau rembes sebaiknya cari mobil bekas yang lain.

3. Lakukan test drive

Test Drive wajib dilakukan sebelum kamu membeli mobil matic bekas. Pertama-tama cobalah untuk memindahkan gigi ke berbagai posisi transmisi matic, P-N-D-R atau sebaliknya. Apabila terasa adanya hentakan ketika sedang memindahkan gigi atau sedang berkendara, artinya mobil matic bermasalah, entah pada bagian solenoid valve atau komponen lainnya. Mobil matic normal umumnya akan bergerak secara halus tanpa merasa adanya hentakan ketika memindahkan gigi.

4. Cek bagian panel instrumen di dashboard

Cek mobil matic bekas selanjutnya adalah dengan memperhatikan bagian panel instrument di Dashboard. Ketika menghidupkan mesin mobil, lihat kondisi indikator Check Engine apakah menyala atau tidak. Jika indikator tersebut menyala, maka kemungkinan besar ada gangguan pada mobil bagian mesin, sensor atau kondisi transmisi itu sendiri. Jika sudah kejadian seperti ini, maka carilah mobil bekas lain.

5. Ketahui riwayat servis

Mengetahui riwayat service pada mobil juga perlu kamu perhatikan, karena apabila mobil tidak melakukan perawatan berkala, bisa jadi banyak masalah yang akan ditimbulkan. Untuk mobil bekas merk Toyota, kamu dapat mengeceknya langsung melalui buku servis kendaraan, disitu akan tercantum track record perbaikan dan perawatan mobil.   Perhatikan gejala2 kerusakan pada mobil matic  

1. Terjadi Getaran Tak Wajar Saat Berkendara

Kamu harus bisa membedakan mana getaran yang terjadi karena laju kendaraan normal atau getaran tak wajar dan berbeda dari biasanya. Jika terjadi getaran tak wajar pada mobil matic saat dikendarai biasanya disebabkan oleh sistem transmisi bermasalah sehingga terjadi gesekan kopling yang telah aus.

2. Gigi Sulit Berpindah

Permasalahan lain yang umumnya terjadi pada mobil matic adalah sulitnya memindahkan transmisi. Terkadang tuas transmisi yang sudah bergeser tidak membuat perubahan apa-apa pada kondisi mesin mobil. Permasalahan ini bisa terjadi jika pengemudi memiliki kebiasaan buruk dalam mengoperasikan sistem transmisi. Cara merawat mobil matic dengan kondisi ini harus lebih konsisten dan telaten lagi.

3. Transmisi Terasa Kasar

Masalah transmisi memang menjadi risiko utama bagi pemilik mobil matic karena komponen ini paling rentan terhadap kerusakan. Perpindahan transmisi terasa kasar dan ada lompatan akselerasi pada kecepatan adalah tanda bahwa mesin matic dalam masalah. Jika masalah transmisi ini mulai terjadi, maka kenikmatan mengendarai mobil matic akan hilang dan justru semakin membahayakan.

4. Tercium Bau Oli Terbakar

Kebiasaan mengemudi yang kurang tepat dan asal-asalan akan membuat gearbox lebih cepat rusak. Jika gearbox rusak maka akan berpengaruh pada kualitas oli transmisi yang cepat kotor. Perhatikan dengan seksama jadwal rutin penggantian oli transmisi karena oli transmisi yang sudah kotor akan membuat mesin cepat panas sehingga muncul aroma bau oli terbakar.

5. Tidak Bisa Mundur

Mobil matic yang tidak bisa bergerak mundur meski sudah dipindahkan ke transmisi mundur disebabkan oleh kerusakan komponen mekanikal yang mengganggu sistem transmisi. Ada beberapa hal yang memicu mobil matic tidak bisa mundur, seperti tuas gigi mundur memang sudah rusak, perangkat kabel solenoid putus atau kehilangan stroom, atau return shift yang patah.   Source : qoala, duitpintar.com